Home Seni & Wisata Musisi Eric Martoyo Dukung PWI Jaya Perangi Kabar Hoax

Musisi Eric Martoyo Dukung PWI Jaya Perangi Kabar Hoax

by Admin

Sebagai seorang vokalis Band bukan sekedar memiliki suara bagus, namun juga harus berwawasan luas serta peka terhadap situasi saat ini. Siapa sangka Eric Martoyo vokalis Band Montecristo, selama ini juga sibuk menjalani dunia bisnis, memiliki kepedulian terhadap masalah sosial serta perkembangan internet saat ini, terutama maraknya peredaran berita Hoaks.

Penyebaran berita bohong, fitnah, ujaran kebencian atau biasa disebut hoaks di tahun politik seperti saat ini, semakin menunjukkan pengaruh dan efek negatif bagi keutuhan bangsa. Terlebih setelah dimanfaatkan untuk kepentingan politik maupun ekonomi. Misalnya dari pihak yang menghendaki kerusakan dalam tatanan kehidupan berbangsa.

Sehingga banyak sekali anggapan bahwa berita hoaks yang berseliweran di medsos itu seakan akan telah dianggap sebagai informasi yang benar. Semuaitu disebabkan oleh masifnya berita hoaks yang sehari hari muncul dikehidupan warganet.

Dalam sebuah bincang santai dengan Ketua PWI Jaya Sie Musik dan Lifestyle Irish Riswoyo di salah satu Restaurant di Jakarta Pusat, ternyata Erick memiliki kepedulian yang sangat tinggi sekali terhadap masalah-masalah sosial. Bahkan ia mengungkapkan pentingnya masalah masalah sosialini ditangani secara bersama sama dan berkesinambungan.

” Saya kagum dengan gagasan PWI Jaya ini, ditengah kesibukannya sebagai jurnalis ternyata masih sempat berfikir dan bertindak untuk masalah-masalah sosial. Termasuk kampanye memerangi hoax”, jelas Eric Martoyo saat ditemui di sebuah restoran di Jakarta.

Lebih lanjut Eric juga memberikan gambaran bagaimana orang menyikapi hidup. ” Orang kayaitu nggak mungin akan mempergunakan untuk kebutuhan hidupnya, apalagi kalau hanya sekedar makan dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Paling cuma 1% dari total kekayaanya yang diagunakan untuk hidup. Jadi sudah sepantaskan sebagaian hartanya itu digunakan untuk masalah-masalah sosial kemanusiaan” jelas Eric lebih lanjut.

Lebih jauh lagi Eric mencontohkan bagaimana orang orang Eropa memiliki kepekaan terhadap masalah masalah sosial. “Kita lihat saja orang orang Eropa, mereka ibaratnya seperti orang kaya lama, jadi nggakakan menghabiskan umurnya untuk menumpuk harta, Social responsibilitynya tinggi. Beda dengan orang kita atau orang Asia pada umumnya, biasanya ketakutan dalam menghadapi hidup ini, jadi setiaphari bekerja untuk menumpuk harta”, contoh Eric.

Dari ungkapan Eric Martoyo diatas maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa orang hidup itu harus memiliki kepekaan sosial terhadap yang lain. Sehingga hidup akan menjadi lebih bermakna, tidak hanya buat diri sendiri tetapi buat yang lain atau buat sesama.

Dukungan MorilDan Materiil

Ketika Irish Riswoyo menjelaskan lebih lanjut tentang niatnya untuk menggelar kegiatan Workshop Jurnalistik bertemakan “Bijak Berinternet, Cerdas Bermedia Sosial” dengan sub tema ” Cegah Hoax Dengan Konten Positif”. Erick langsung bereaksi dengan memberikan dukungan.

Dukungan yang ia berikan tak tanggung-tanggung, ia tidak hanya sebatas memberikan dukungan moril saja, tetapi juga dukungan materiil. Oleh karenanya Erick turut mendonasikan uangnya untuk terlaksananya acara tersebut. Karena Eric menganggap apa yang akan dilakukan oleh PWI Jaya Sie Musik & Lifestyle ini sinergi dengan pola berfikirnya.

Menanggapi apa yang dilakukan oleh Eric Martoyo Ketua PWI Jaya Sie Musik dan Film Irish Riswoyo turut memberikan penjelasan. “Kalau Eric Martoyo tadi mengungkapkan kekagumannya dengan apa yang akan dilakukan oleh teman teman dari PWI Jaya ini, maka saya juga mempunyai kekaguman yang sama. Ditengah kesibukan Eric sebagai seorang pebisnis dan musisi, ia juga memiliki kepedulian sosialyang tinggi. Ucapan ucapan seperti dikutip diatas merupakan bukti dari kepeduliannya beliau terhadap masalah masalah sosial. Kebetulan sama dengan teman-teman wartawan di PWI Jaya”, jelas Irish.

Ya, PWI Jaya utamanya Sie Musik dan Lifestyle dengan Eric Martoyo mempunyai kesamaan visi dalam hidup bersosial. Oleh karena itu acara Workshop Jurnalistik “Bijak Berinternet, Cerdas Bermedia Sosial” dengan sub thema Perangi Hoax dengan Konten Positif menjadi bisa terlaksana dengan baik.

“Berkat dukungan dari beliau acara Workshop yang digelar di SMA 4 Tangsel pada tanggal15 Februari 2019 ini bisa sukses digelar. kami secara institusi maupun secara pribadi sangat berterima kasih dengan Eric Martoyo”, tambah Irish.

Sebagai tambahan Informasi, kegiatan Workshop Jurnalistik “Bijak Berinternet, Cerdas Bermedia Sosial” telah sukses digelar pada 15Februari 2019. Bahkan para narasumber yang terdiri dari Iqbal Irsyad (PWI), Cipto Rustianto (PT. XL-Axiata ) Kesit B. Handoyo (PWI), John Paul Ivan (musisi yang sempat terkena sasaran Hoax), kemudian Kompol Arman S.I.K. M.si dan Finalis Putri Indonesia, Diah Ayu Lestari, sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Mereka berharap agar kegiatan ini bisa terus bergulir dengan jangkauan anak-anak SMA/SLTA yang lebih luas. Hal itu juga diungkapkan oleh kepala Sekolah SMAN 4 Tangsel Suhermin. Bahkan Suhermin mengaku kegiatan ini luar biasa. Tidak saja mencerahkan, tetapi juga edukatif.

dengan sub tema Cegah Hoax Dengan Konten Positif” menjadi momentum PWI Jaya untuk bersama sama memerangi Hoaks. Kegiatan ini PWI Jaya bekerjasama dengan SMAN 4 Tangsel dan Polres Tangerang Selatan.

Lanjut Irish, PWI Jaya pun menghadirkan narasumber yang sangat kredibel di kegiatan ini. Seperti ” Mereka kami hadirkan untuk memberi pengetahuan kepada pelajar tentang jurnalistik dan aspek hukum bagi penyebar berita Hoaks. Outputnya para pelajar justru intens membuat konten positif dari pada menyebar luaskan berita Hoaks, ” ujar Irish.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More