Home Seni & Wisata KAWAN Menjalin Sinergi dengan Pelaku Budaya dan Hiburan

KAWAN Menjalin Sinergi dengan Pelaku Budaya dan Hiburan

by Admin

Sesuai rencana Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan (KAWAN), dideklarasikan di Telaga Mina, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu 5 Desember 2021.

Deklarasi KAWAN bertepatan dengan acara Lomba Galatama Jurnalis- Artis, dan Pengusaha yang diselenggarakan IBR Relations. Dalam acara untuk penggemar mancing itu hadir Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah beserta jajarannya, Wartawan Seksi Musik Film dan Lifestyle, dan penyanyi Connie Nurlita, juga kelompok musik Bagindas.

Dalam keterangannya kepada media melalui press release, Ketua Harian KAWAN Tri Cahyo Sulistyo, sebelum mendeklarasikan diri, para penggagas KAWAN lebih dahulu melakukan audiensi kepada Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah pada Jumat, 26 November 2021 di kantor PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya, Gambir, Jakarta.

Saat itu, kedatangan perwakilan pengurus “KAWAN” disambut jajaran pengurus harian PWI Jaya, selain Sayid Iskandar, hadir pula Irish Riswoyo (Ketua Seksi Film dan Musik), Irmanto (Wakil Ketua Bidang Organisasi), Tubagus Adhi (Wakil Ketua Bidang Kesra), Kadirah (Bendahara Umum) Heri SL (Wakil Sekretaris) dan beberapa pengurus lain.

Acara Deklarasi nan seru itu dilaksanakan tepat pada pukul 13.00 WIB dengan pembacaan deklarasi dilakukan oleh Ketua KAWAN Tri Cahyo Sulistyo, yang kemudian dilanjutkan penyerahan bendera KAWAN oleh Ketua PWI Jaya Sie Music-Film-Lifestyle Irish Riswoyo kepada ketua KAWAN.

Di dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh ketua KAWAN, kemudian menyerahkannya kepada Sekretaris PWI Jaya Kesit Budi Handoyo mewakili Ketua PWI Jaya. Kemudian potongan selanjutnya diberikan kepada Ketua PWI Jaya Sie Music-Film-Lifestyle Irish Riswoyo, Andra vocalis Bagindas, Iqbal Ibrahim selaku CEO IBS dan Baba Ali selaku pemilik pemancingan Telaga Mina.

Dan yang tak kalah seru adalah penampilan Bagindas dan Conie Nurlita yang mampu menggoyang dan menghangatkan suasana pendeklarasian KAWAN hingga rinai hujan terabaikan.

Lebih lanjut Ketua KAWAN yang biasa disapa Yayo itu menjelaskan latar belakang berdirinya KAWAN.

Berawal dari para jurnalis yang melakukan peliputan di desk budaya dan hiburan berkumpul di WhatsApp Group (WAG). Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, komunikasi secara intens para jurnalis adalah melalui WAG atau pun melalui daring.

Saat itulah dirasakan perlunya wadah Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan KAWAN yang strukturnya terdiri dari Pembina, Pengarah, Ketua Harian dan 4 Ketua Bidang.

Dalam pendeklarasian itu ditegaskan,
Visi KAWAN adalah berupaya menciptakan jaringan profesional lebih luas untuk meningkatkan kompetensi jurnalis demi kesejahteraan anggota.

Sedangkan misi KAWAN adalah :

  1. Bermitra dengan berbagai pihak, khususnya pelaku dunia hiburan dan budaya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat umum.
  2. Secara berkala dan kolektif, meningkatkan kemampuan dan kompetensi profesi sebagai Jurnalis.
  3. Dalam setiap kegiatan atau kerjasama selalu mengutamakan prinsip “simbiosis mutualisma”

Tagline KAWAN itu sendiri adalah Citra, Cipta, Harmoni dengan makna. Citra, bermakna sesuatu gambaran atau kesan. Biasanya Citra dimaknai untuk sesuatu yang baik.

Sedangkan Cipta bermakna sebuah karya. Lalu harmoni yang bermakna sebuah keselarasan atau keserasian, bisa juga kita maknai dengan kekompakan.

Pengurus Lengkap Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan (KAWAN)

Dewan Pembina:
Irish Riswoyo
Amazon Dalimunthe
Didang “Kang Didang” Pradjasasmita
Tresnawati
Suharsono Ray
Dewan Pengarah/Pertimbangan :
Ismail Sidik Sahib
Tumpak Sidabutar
Bambang Tjuk
Muller Mulyadi
M. Satria
Eko TW

Ketua Harian : Tri Cahyo ‘Yayo’ Sulistyo
Kabid Litbang : Fuad Rohimi
Kabid Kemitraan : Indrawan Ibonk
Kabid Event : Dedhy Haryadi
Kabid Kesekretariatan : Angga Radio Muara. (Rls kwn)

You may also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More