Home UMKM Sentuhan Teknologi untuk Mengembangkan UMKM

Sentuhan Teknologi untuk Mengembangkan UMKM

by Admin

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bila ingin berkembang mesti diberi sentuhan teknologi. Hal ini dilakukan oleh Bukalapak ketika meresmikan kantor barunya, di Bandung, Jawa Barat, Jumat silam. Kantor baru itu sebagai pusat riset dan pengembangan, dan menjalin kerjasama dengan Pemprov, Jawa Barat.

Menurut Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak menuturkan sejak tahun 2010 hingga sekarang Bukalapak mengalami kemajuan dengan pesat. Bukalapak memiliki beberapa fitur dan membangun ekosistem warung digital.

“Semuanya kami kelola untuk terus memajukan industry UMKM di Indonesia mekakui pelayanan terbaik dan pengalaman berbelanja dengan nyaman,”kata dia.

Berangkat dari semangat itulah, ungkap Fajrin, pihaknya memutuskan untuk membangun kantor baru di Bandung yang kami dedikasikan khusus untuk riset dan pengembangan.

“Akan ada banyak sekali inovasi dan terobosan baru yang kami harapkan dari kantor riset dan pengembangan ini, salah satunya produk pelayanan publik yang kami tanda tangani hari ini dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Kantor riset dan pengembangan Bukalapak ini diharapkan akan turut membangun ekosistem startup tech & product di Bandung. Talenta-talenta berbakat di Bandung turut bergabung dan akan fokus dalam berbagai pengembangan diantaranya produk teknologi dan kecerdasan buatan.

Hadirnya kantor riset dan pengembangan Bukalapak di Bandung disambut hangat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang juga diikuti oleh agenda penandatanganan nota kerja sama antara Bukalapak dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Adapun, beberapa fokus kerja sama yang disepakati antara lain, peningkatan pelayanan publik di Jawa Barat, promosi potensi pariwisata daerah, dan pembinaan UMKM Jawa Barat melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya dengan penyediaan BukaBike, sebuah layanan peminjaman sepeda berteknologi tinggi dari aplikasi Bukalapak.

BukaBike merupakan generasi baru bike-sharing tanpa menggunakan sistem docking, melainkan sistem QR code yang dilengkapi dengan smart lock dan solar panel technology. BukaBike kedepannya akan beroperasi dan diperuntukkan bagi civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dapat digunakan secara gratis sebagai sarana transportasi praktis dan ramah lingkungan untuk membantu mobilitas di lingkungan kampus. Fitur BukaBike dapat diakses melalui aplikasi Bukalapak baik Android maupun iOS.

“Kerja sama ini akan mengoptimalkan berbagai fitur dan produk di Bukalapak guna memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat di Jawa Barat serta memberdayakan UKM dan IKM setempat.  Kolaborasi dan inovasi ini akan terus kami kembangkan dalam mewujudkan Smart Province dengan pemanfaatan teknologi yang optimal,” lanjut Fajrin.

Sejak pertama kali didirikan, tambah Fajrin, Bukalapak memiliki visi untuk memberdayakan UMKM melalui pemanfaatan teknologi.

“Hingga saat ini kami terus berinovasi untuk mewujudkan visi tersebut, di antaranya melalui kantor riset dan pengembangan serta kolaborasi dengan pemerintah. Kami harap hal ini dapat semakin memajukan industri UMKM Indonesia serta membangun ekosistem digital yang maju,” pungkas Fajrin. (DP)

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More