Home headline Yayasan Al- Ihsan Membangun Visi dan Misi Bebasis Sosial dan Usaha Islami

Yayasan Al- Ihsan Membangun Visi dan Misi Bebasis Sosial dan Usaha Islami

by Admin
skl 30

Kota Bekasi– Pimpinan beserta pengurus Yayasan Al- Ihsan, Perumahan Pondok Timur Mas, Vila Jaka Setia, dan Green View, Jaka Setia, (PTM-VJS-GV)Bekasi Selatan, Kota Bekasi menyebarkan semangat bagi kesejahteraan umat dunia dan akhirat, dengan tagline transformasi menuju visi 2033.

Visi dan misi itu disampaikan oleh Ketua Yayasan Ketua Al Ihsan PTM-VJS-GV Kota Bekasi Ir H Hendra Hartono MM, di depan warga, pengurus, dan para pemangku kepentingan.

“Apa yang menjadi tujuan kita melalui visi dan misi agar dapat menciptakan masa depan lebih cerah, memberdayakan kehidupan serta mendorong perubahan positif,” harap Ir H Hendra di tengah kegiatan donor darah dan talkshow yang diselelenggarakan di lingkungan masjid Al Ihsan yang berlokasi di Jalan Jingga Mas IV Blok E2 No 24-25, RT 005/RW 013 Jakasetia Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Ahad (8/10/2023). Kegiatan tersebut menjadi catatan sejarah baru Yayasan Al -Ihsan di bawah kepemimpinan Ir. H. Hendra.

Kepada wartawan yang meliput kegiatan Donor Darah dan dan Talk Show, selaku Ketua Yayasan, dirinya akan melakukan perubahan.Namun perubahan itu tidak dilakukan secara ekstrem. “Kami melakukan perubahan dengan tetap menjaga kesinambungan dari apa yang sudah dilakukan pengurus sebelumnya,” ungkap Ir Hendra.

Lebih jauh Ir. Hendra mengatakan ada tiga hal penting dalam bertranformasi menuju Visi 2033 dan visi ini dikomunikasikan bersama lembaga Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ihsan yang dipimpin Ustadz Mohamad Bagus Teguh Prawira L.c MA.

Visipertama, adalah mencerdaskan umat melalui peningkatan bidang pendidikan. “Kami mempelopori inisiatif pendidikan Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK A/B) yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan anak yang intelektual, berkarakter dan berakhlak. Tentunya, kami akan berusaha guna memberikan pendidikan berkualitas yang mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan.

Sedangkan visi yang kedua adalah mensejahterakan umat melalui pemberdayaan usaha masyarakat. Yayasan Al-Ihsan pun berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat melalui usaha produktif yang berkelanjutan. Untuk tujuan tersebut, maka mendirikan antara lain : Al Ihsan Islamic Montessori (KB/TKA/TKB), Al Ihsan Home Services (AHS), Al Ihsan Training and Consultancy (ACT) dan Al Ihsan Tour and Travel (ATT). 

Visi yang ketiga bertekad meningkatkan pelayanan masyarakarlt dalam beribadah dan amal sholeh melalui pengelolaan DKM yang profesional. Digelar aneka kegiatan dalam menunjang kemakmuran masjid, dilaksanakan untuk dapat menciptakan suasana ibadah yang khusyuk  serta kegiatan sosial bernilai ibadah. Termasuk secara aktif bikin kegiatan yang menumbuhkan pemahaman Islam yang lebih dalam, mendorong toleransi serta mendoromg konstribusi positif kepada masyarakat, khususnya di lingkungan Pondok Timur Mas, Vila Jaka Setia dan Green View. 

skl 29
skl 29

Untuk Al Ihsan Tour and Travel, yayasan langsung menjalin kerjasama dengan menandatangani MoU dengan pihak ZARSQI Tour and Travel. Masing-masing diwakilkan kepada Ketua Yayasan Al Ihsan Ir H Hendra Hartono MM dan Dirut ZARSQI Tour and Travel Hj Dewi Anggraeni SH. 

Saat acara penandatangan disaksikan seluruh pengurus dan dewan pengawas Yayasan Al Ihsan serta Ketua/Pengurus DKM Al Ihsan. Termasuk disaksikan Ketua III DKM Bidang Sosial, Sarana Prasarana yang juga Ketua RW 013, A Muhammad Syukhandri, SE.MM.

Hal senada juga disampaikan Ketua DKM Al-Ihsan Ustadz Mohammad Bagus Teguh Prawira. Menurutnya setelah melakukan pemetaan terlebih dahulu, setidaknya dapat menjawab tantangan kedepan. Bahkan, sebisa mungkin melihat dan memiliki kepekaan terhadap apa yang menjadi harapan masyarakat yang ada di tiga perumahan di sini dan berada dalam satu RW 013.

“Banyak program dan kegiatan yang disinergikan. Baik itu dari DKM maupun Yayasan. Tentu saja dengan tujuan untuk kemakmuran Masjid. Termasuk menyatukan persepsi dan pemahaman Islam lebih dalam, juga soal toleransi,” kata Ustadz Bagus Teguh.

Sementara itu saat pelaksanaan kegiatan donor darah, tidak kurang dari 100-an peserta yang ikut mendaftar. Begitu pula acara talkshow bertajuk ‘Memilih Pendidiksn Islami dan Literasi Ungguli serta Berkarakter’. Arena bazaar makanan dan minuman pun nampak ikut menambah semaraknya acara.

Dalam melaksanakan kegiatan sosial Yayasan Al-Ihsan, selalu mengajak warga non- muslim yang berada di Pondok Timur Mas, Vila Jaka Setia dan Green View untuk ikut terlibat dalam berbagai kegiatan.

Pada kegiatan donor darah siang ittu Yayasan Al – Ihsan bekerja sama dengan warga umat Gereja Katolik, di antaranya warga Katolik Bonaventura 1 dan Bonaventura 2. “Kegiatan donor darah dan kegiatan sosial lainnya, semua warga tanpa melihat agamanya, kami libatkan ini adalah wujud dari toleransi,” ujar Ir Hendra, yang di amini oleh Ustadz Bagus Teguh. “Jadi, dalam pembagian daging kurban pada Idhul Adha, semua warga non- muslim juga kami bagi,” imbuh Ustadz Bagus Teguh.

Pada kesempatan wawancara turut hadir pinisepuh dari kalangan Katolik, Januarius Sindhu Ari. Beliau sudah cukup lama tinggal di Pondok Timur Mas, sejak tahun 1987.
“Saya sebagai warga yang beragama Katolik selalu dilibatkan dalam kegiatan sosial. Lihat di depan itu donor darah, kami saling bahu membahu suksesnya pelaksanaan donor darah. Demikian juga dengan acara acara lainnya. Sebagai manusia kita bersaudara,” kata Januarius Sindhu Ari yang hadir pada saat itu berkegiatan, ngobrol dan santap siang bersama. (Kang Didang)

You may also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More