Home Ekonomi Sokongan Sosial Bagi Para Seniman

Sokongan Sosial Bagi Para Seniman

by Admin

Wabah pandemi Covid 19 belum berakhir. Organisasi Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan (GLBML), bersama MPR RI, Kemeninfo, TVRI serta lembaga lainnya menggelar bantuan sosial dengan membagikan 500 paket sembako.

Sembako itu diberikan kepada Seniman Pekerja Seni Mitra LPP, Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, Pensiunan Drama Musik LPP TVRI, dan Komunitas Musisi Cafe Jakarta, juga kepada seniman yang terdampak pandemi Covid 19.

Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan Hidup, Olivia Zalianty mengatakan donasi buat para seniman akan terus berlanjut mengingat pandemi Covid-19 ini masih belum diketahui kapan berakhir.

“Kami masih menerima dan membagikan donasi yang diberikan dari berbagai donatur. Hari ini kami salurkan 500 paket sembako kepada seniman yang terdampak pandemi ini sudah kesekian kalinya. Namun, rasanya masih banyak sekali yang belum terjangkau bantuan ini,” ujar Olivia Zalianty saat sambutan penyerahan donasi Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo BERSATU Melawan Corona di Taman Buaya TVRI Stasiun Pusat Jakarta Senin (27/7/2020)

Olivia menambahkan, deretan seniman begitu berdampak dan banyak yang mengalami penurunan bahkan tak mempunyai pendapatan sejak adanya Covid-19. Hal itu terjadi lantaran tak ada lagi produksi syuting, pameran, hingga panggung teater selama pandemi ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MPRI, Bambang Soesatyo tidak menampik bahwa kondisi pandemi Covid-19 saat ini berpengaruh pada semua sektor kehidupan masyarakat termasuk industri hiburan dan kesenian Tanah Air.

“Saya melihat pekerja seni itu tak bisa di kesampingkan begitu saja. Karena seniman jadi benteng terakhir dalam pelestarian budaya kita. Menjaga keindonesiaan kita untuk terus bertahan dari benturan zaman dan pengaruh dari luar,” kata dia.

Politisi dari Partai Golkar itu pun berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban seniman dan pekerja kreatif dalam dunia hiburan yang pendapatan berkurang atau bahkan mereka sudah tidak punya pendapatan sama sekali karena pandemi.

Terkait acara “Penyerahan Donasi Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo BERSATU Melawan Corona” ini, Direktur TVRI Iman Brotoseno bahwa bansos ini sebagai bentuk perhatian TVRI bersama sejumlah pihak lain untuk para seniman yang terdampak pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan yang tak seberapa ini bisa bermanfaat buat para seniman dan menumbuhkan rasa solidaritas dan persaudaraan bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama buat para pelaku seni budaya,” ujar Iman Brotoseno seraya bersyukur masih ada sejumlah pihak yang turut peduli. Didang

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More