Home Ekonomi Indonesia Terang dengan Tenaga Surya Bantu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Indonesia Terang dengan Tenaga Surya Bantu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

by Admin
whatsapp image 2021 12 24 at 01.17.55

Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages ( LPP FBDH) menyelenggarakan soft launching program Penerangan Jalan Umum Tenaga (PJUTS) di Hotel Kempenski, Jakarta, Kamis 23 Desember 2021.

Dalam kesempatan konferensi pers Sekjen LPP FBDH, Syaiful Anwar menjelaskan melalui program Indonesia Terang, LPP FBDH membagikan hibah kepada Pemda di seluruh Indonesia dalam pembangunan dan pembuatan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) di setiap Provinsi di Indonesia.

Dengan adanya hibah ini, LPP FBDH membantu program pemerintah dalam pemulihan dan peningkatan ekonomi. Disebabkan dengan dipenuhinya penerangan jalan umum, masyarakat di kabupaten dan di pelosok Indonesia akan makin meningkat kan usahanya karena adanya penerangan di jalan umum.

“Insyaallah LPP sudah bisa merampungkan pembiyaannya ada pun sumber anggaran didapat dari berbagai pihak. Dan diharapkan masyarakat turut berpartisipasi dalam menjaga dan merawat infrastruktur penerangan jalan umum tersebut,”kata Syaiful Anwar sambil menambahkan dengan adanya lampu penerangan jalan bertenaga Surya ini mengurangi beban biaya masyarakat akan biaya listrik bulanan.

whatsapp image 2021 12 24 at 01.16.33
whatsapp image 2021 12 24 at 01.16.33

Lebih lanjut Syaiful Anwar mengatakan bahwa program ini tidak hanya pembangunan lampu penerangan jalan umum saja, melalui pembangunan infrastruktur bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan. Karena setiap pembangunan infrastruktur melibatkan masyarakat setempat.

Syaiful Anwar mengatakan saat ini realisasi dari pilot project tersebut yakni terdapat 1.000 titik penyampaian hibah kepada Bupati/Wali kota, di antaranya sekitar telah rampung 340 rekomendasi Bupati/Wali kota untuk pembangunan PJUTS tersebut.

Sekarang ini PJUTS sudah dipasang di 17 Provinsi, dengan jumlah setiap Provinsinya terdapat 10 titik pemasangan.

“Menurut perencanaan kami, akan ada 5.000 unit di masing kabupaten/kota. Ini akan tersebar di Desa-desa pelosok yang belum ada penerangan jalan umumnya,” lanjut Syaiful Anwar.

Dikatakan Syaiful Anwar apa yang dilakukan LPP FBDH adalah bentuk kepedulian terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

“Kami ingin membantu Pemda dan pemerintah pusat untuk meningkatkan kemajuan di bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui hibah penerangan jalan umum tenaga surya ini,” kata Syaiful Anwar seraya menjelaskan proses pembangunan diawali dari penawaran resmi kepada pemda, lalu Pemda mengajukan permohonan hibah kepada LPP FBDH.

Di tempat yang, sebelum konferensi pers dilaksanakan acara soft launching dan deklarasi dari LPP FBDH dan penandatanganan pelaksanaan proyek pembangunan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) dengan Bupati Donggala, Bupati Muna, Bupati Fak Fak, Pasaman, Sumatera Barat dan Bupati Lombok Barat. (DP)

You may also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More