Home Ekonomi Hadapi Persaingan Global, ITB Gelar “Vertical and Horizontal Integration in Industry 4.0

Hadapi Persaingan Global, ITB Gelar “Vertical and Horizontal Integration in Industry 4.0

by Admin

JAKARTA (iHalal.id) — Persaingan Global di bidang teknologi digital terus berkembang dihampir semua lini kehidupan. Bukan saja dibidang Industri umum, tapi juga menyasar di bidang Industri militer. Atas dasar itu, Program  Magister Instrumentasi dan Kontrol ITB (sering disingkat MINK–red.), menggelar Seminar Online (Webinar) dengan tema; Vertical-Horizontal Integration in Industry 4.0 hari ini (12/03).

Seperti diketahui, kemajuan terbaru dalam industri manufaktur diciptakan sebagai respon berkembangnya revolusi industri 4.0 seperti: Industrial Internet of Things (IIoT), Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML). Hal tersebut mengarahkan evolusi arsitektur manufaktur ke dalam jaringan terintegrasi perangkat otomasi, layanan, dan perusahaan.

Jaringan yang terintegrasi memungkinkan pembuatan produk yang sangat dikustom, fleksibel dan efisien, sebagai efek dari seluruh siklus proses produk yang memerlukan Integrasi Vertikal dan Horizontal. Contohnya, kasus kelangkaan Minyak Goreng yang masih terus berlangsung,  tidak akan terjadi jika Pemerintah atau Pelaku Usaha serius menerapkan Sistem Integrasi Vertikal dan Horizontal tadi.

Webinar menghadirkan nara sumber yang mumpuni dibidangnya masing-masing, yaitu Pakar sekaligus Dosen Instrumentasi dan Kontrol pada Fakultas Teknologi Industri ITB Ir. Endra Joelianto, Ph.D.,  Kepala Digital Marketing dari Yokogawa C. Cordova S.T., M.Sc., Pengembangan Bisnis ABB Andreas Indra Pradana dan Sales Specialist dari SIEMENS Livia Lim.

“melalui kurikulum dan penelitian yang dirancang, Program Magister Instrumentasi dan Kontrol ITB bertujuan menghasilkan lulusan Magister Teknik yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Instrumentasi dan Kontrol secara Profesional, untuk tujuan Pendidikan, Penelitian di bidang Industri,” tutur Ir. Endra Joelianto, Ph.D dalam webinar yang diikuti 400-an peserta, baik dari kalangan umum, mahasiswa hingga wartawan.

Endra yakin, dengan kompetensi dan pengalaman yang diperoleh, lulusan Program Magister di bidang Instrumentasi dan Kontrol teknik tadi akan dibutuhkan oleh banyak sektor Industri, seperti;

  1. Instrumen Engineer, Kontrol Engineer, System Integration Engineer, Data Engineer.
  2. Industri Strategis (seperti Industri Proses dan kimia, Aeronautika, Telekomunikasi, Pembuatan Kapal, Baja, Elektronik dan Militer).
  3. Industri Instrumentasi Kedokteran.
  4. Biro Konsultasi, Jasa Konstruksi, Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian.

Para lulusannya juga diharapkan dapat menerapkan ilmunya dalam  melaksanakan proyek penelitian, menyelesaikan berbagai permasalahan terkait instrumentasi atau pengendalian dalam berbagai kebutuhan Masyarakat. Diakui, sejak berdiri pada tahun 1991, banyak lulusan Program  Magister Instrumentasi dan Kontrol ITB yang telah mendapatkan pekerjaan di Instansi Pemerintah, Swasta dan Industri, Lembaga Penelitian maupun menjadi Akademisi.

Sementara itu, Ketua Panitia Webinar Vertical-Horizontal Integration in Industry 4.0 Yudhi Permana Suisa berharap acara ini dapat membantu para mahasiswa atau masyarakat umum dalam menambah wawasan dan edukasi tentang perlunya integrasi dalam Industri 4.0.

You may also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More