Home Ekonomi Anna Mariana : Gelaran IIIF 2019 Menggali Khazanah Keislaman Dunia

Anna Mariana : Gelaran IIIF 2019 Menggali Khazanah Keislaman Dunia

by Admin

Negeri Indonesia dikenal sebagai bangsa yang besar, dilihat dari aspek sejarah, budaya, dan keragaman suku bangsanya. Masing-masing suku bangsa itu mempunyai khas berupa adat, seni, pangan dan pakaian. Indonesia juga memiliki populasi umat Islam terbesar di dunia. Kedua aspek itulah menjadi alasan perhelatan bernuansa Islami dalam bentuk pameran: International Indonesia Islamic Fair (IIIF) 2019 yang akan digelar di Kartika Expo Centre, Balai Kartini, Jakarta, pada 9-11 Mei 2019.

Pagelaran IIIF 2019 untuk pertama kalinya diselenggarakan dengan skala internasional. Di samping Indonesia beberapa negara akan ikut serta berpameran. Panitia pameran dalam hal ini mencoba untuk mengakomodir dan menggali khazanah keislaman dari seluruh dunia.

Para peserta poameran akan mengisi berbagai kegiatan itu yang bertepatan dengan masuknya bulan suci ramadhan 1440 H. Adapun kegiatan IIIF 2019 meliputi Islami fashion show, seminar dan talkshow, kompetisi, exhibition dan bazaar, Islamic dan food&beverage serta menampilkan anjungan dan atraksi kesenian dari seluruh peserta.

Tak ketinggalan, selaku tuan rumah, Indonesia akan menghadirkan busana muslim khas nusantara yang memerkan kain tenun dan songket dari berbagai daerah.

Anna Mariana, desainer tenun dan songket mengatakan bahwa saat ini fesyen muslim sudah diakui oleh beberapa negara. Namun, hingga saat ini Indionesia belum memiliki pasar khusus untuk menjual busana muslim dengan kain khas tenun dan songket. “Saya berharap IIIF 2019 dapat mendorong berbagai pihak terkait untuk menwujudkan lahirnya sebuah pasar industri busana muslim khas kain tenun dan songket nusantara berkelas dunia,” ujar Anna Mariana, selaku penggagas dan duduk dalam Dewan Pembina dalam ajang IIIF 2019 kepada Skalaekonomi.com dalam konferensi pers, Rabu (10/4/2019).

Untuk mengawal pekerjaan baru ini, isteri dari Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha SH, MS, MSC, mendapat dukungan penuh dari Kementerian Agama RI, Kementerian Pariwisata RI, Pemprov DKI , Pemkot Tangerang Selatan, Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi, Kedutaan Besar Turki serta Kadin Timur Tengah, Dewan Masjid Indonesia, Pengurus Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI) “Secara tekhnis yang akan bergerak di lapangan adalah team consultant evet juga team kami dari House Of Marsya,” kata Anna Mariana sambil menyebut nama butik miliknya.

Menurut Anna, pelaksanaan hari pertama IIIF 2019 akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil RI Jusuf Kalla, selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Yahya Al Hassan Alqahtani. KD/SE1

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More